SMAN 1 Kendal Raih Juara II Nasional

SMAN 1 Kendal Raih Juara II Nasional

KENDAL – Tiga orang murid dari SMAN I Kendal, meraih juara II nasional dalam lomba essai dan poster, yang digelar di Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Geologi pada Universitas Gajah Mada (UGM), pada 29 hingga 30 November yang lalu. Lomba essai dan poster sendiri, merupakan pra syarat untuk dapat mengikuti ‘Lomba Cerdas Cermat Kebumian (LCCK) SMA 2014′ di tempat yang sama. Ketiga siswa tersebut yakni Hanum Aura Previaningrum, M Reza Pahlevi dan Goelda Nisada Pageh.

Saat ditemui oleh Radar Pekalongan di sekolah setempat, Senin (1/12), Goelda Nisada Pageh, mengatakan, jika kegiatan tersebut diikuti oleh 25 tim dari berbagai sekolah. Pembuatan poster sendiri harus dilakukan dengan menyesuaikan essai yang dikerjakan dan akan dipresentasikan oleh para peserta.

Adapun tema poster dan essai adalah ‘Natural Disasters and Hazard Mitigation On a Restless Planet’. Sedangkan tim SMAN 1 Kendal mengangkat pembahasan tentang banjir di Kabupaten Kendal, penyebab dan solusinya.

“Dalam membuat poster, kami harus menyesuaikan dengan tema essai yang akan dipresentasikan. Sedangkan pada waktu itu, essai yang kami bahas masih dalam tahap revisi. Sehingga sempat kebingungan waktu hendak menuangkan pembahasan essai ke dalam poster,” katanya.

Sedangkan M Reza Pahlevi menambahkan bahwa beberapa penyebab utama banjir di Kendal yaitu adanya sedimentasi sungai yang cukup tinggi sehingga cepat membuat air meluap, di daerah hulu, banyak pohon di hutan yang ditebangi tanpa dibarengi adanya kegiatan penghijauan kembali, serta banyaknya terjadi pengalihfungsian lahan menjadi pemukiman.

“Kami kemudian menawarkan program Renor Bi, melalui essai kami. Renor Bi adalah kepanjangan dari Reboisasi, Normalisasi sungai dan Biopori. Kegiatan ini merupakan sebuah solusi untuk mencegah terjadinya banjir. Selain itu, dapat dilakukan oleh semua orang, baik dari hulu hingga hilir,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Kendal, Sunarto, berharap siswa-siswinya bisa lebih meningkatkan prestasinya dengan baik. Partisipasi ini setidaknya bisa menjadi tambahan pengalaman dan tolok ukur kemampuan dari para siswa. “Berharap mereka bisa mendapat pengalaman lebih dari kegiatan yang sudah diikuti dan bisa meningkatkan prestasi mereka untuk selanjutnya. Apalagi event sepertti ini merupakan event nasional yang diikuti oleh berbagai sekolah terbaik dari luar daerah, sehingga tidak mudah,” ujarnya. (yog)

http://www.radarpekalonganonline.com/52327/sman-i-kendal-raih-juara-ii-nasional/

0 comments:

Post a Comment

Komentar jangan Mengandung sara atau kalimat tidak sopan !!
Silahkan Berkomentar

Google+ Follow me yahh ^_^