Sejarah Alexa Dan riwayat hingga kini

Sejarah dan Perjalanan Alexa.com


Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh American web pengusaha Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Nama perusahaan dipilih sebagai penghormatan kepada Perpustakaan Alexandria,  yang menggambar paralel antara repositori terbesar mengenai pengetahuan di dunia kuno dan potensi Internet menjadi sebuah toko yang sama dalam pengetahuan.
Perusahaan ini menawarkan toolbar yang memberi saran tentang pengguna internet terhadap kemana selanjutnya yang akan dituju, berdasarkan pola lalu lintas masyarakat penggunanya. Alexa juga menawarkan konteks untuk setiap situs yang dikunjungi: kepada siapa ini didaftarkan, berapa banyak halaman itu, berapa banyak situs lain menunjuk ke sana, dan seberapa sering itu telah diupdate
Operasi Alexa meliputi pengarsipan laman web seperti yang dijelajahi. Database ini menjabat sebagai dasar untuk penciptaan Internet Archive diakses melalui Wayback Machine. Pada tahun 1998, perusahaan menyumbangkan salinan arsip dengan ukuran dua terabyte, kepada Perpustakaan Kongres. Alexa terus memasok Internet Archive dengan Web crawls (web penelusur)
Pada tahun 1999, Alexa diakuisisi oleh Amazon.com sekitar US $ 250 juta di Amazon saham  sebagai perusahaan yang bergerak menjauh dari visi aslinya yaitu menyediakan sebuah “kecerdasan” pada mesin pencari. Alexa memulai kemitraan dengan Google pada awal tahun 2002, dan dengan Open Directory Project pada Januari 2003.
Pada bulan Mei 2006, Amazon diganti dengan Google Live Search sebagai penyedia hasil pencarian. Pada bulan Desember 2006, mereka merilis Alexa Image Search. Dibangun di rumah itu adalah aplikasi besar pertama yang dibangun pada platform Web mereka.
Pada bulan Desember 2005, Alexa membuka indeks pencarian yang luas dan fasilitas Web crawls untuk program pihak ketiga melalui seperangkat layanan web dan API. Dan itu dapat digunakan, misalnya, untuk membangun vertical search engines (mesin pencari vertikal) yang dapat berjalan pada server Alexa sendiri atau di tempat lain.
Pada bulan Mei 2007, Alexa mengubah API untuk meminta perbandingan terbatas pada tiga lokasi, mengurangi ukuran grafik yang tertanam untuk ditampilkan dengan menggunakan Flash, dan menambahkan iklan BritePic wajib tertanam.
Pada bulan April 2007, gugatan Alexa v Hornbaker diajukan untuk menghentikan pelanggaran merek dagang oleh layanan statsaholic. Dalam gugatan itu, Alexa menuduh bahwa Hornbaker mencuri grafik lalu lintas untuk keuntungan, dan bahwa tujuan utama situs itu adalah untuk menampilkan grafik yang dihasilkan oleh server Alexa. Islitah Hornbaker dihapus dari Alexa dari nama dinasnya pada tanggal 19 Maret 2007.
Pada tanggal 16 April 2008, banyak pengguna melaporkan perubahan dramatis dalam peringkat Alexa mereka. Alexa menegaskan hal ini di kemudian hari dengan pengumuman bahwa mereka telah merilis sistem peringkat diperbarui, mengklaim bahwa mereka sekarang akan mempertimbangkan sumber data yang lebih "di luar pengguna Alexa Toolbar
Pada tanggal 27 November 2008, Amazon mengumumkan bahwa Alexa Web Search tidak lagi menerima pelanggan baru, dan layanan akan usang atau dihentikan untuk pelanggan yang ada pada tanggal 26 Januari 2009.
Pada tanggal 31 Maret 2009, situs web Alexa mengalami desain ulang utama, dan menawarkan metrik lalu lintas web baru, termasuk penelusuran rata-rata halaman per setiap pengguna individu, tingkat bouncing, dan waktu pengguna di situs. Pada minggu-minggu berikutnya, Alexa menambahkan fitur lanjut , termasuk demografi pengunjung, clickstream dan statistik lalu lintas pencarian dan fitur-fitur baru diperkenalkan dalam rangka bersaing dengan layanan analisis web lainnya, seperti Compete.com dan Quantcast. (sumber: wikipedia )

1 comments:

Komentar jangan Mengandung sara atau kalimat tidak sopan !!
Silahkan Berkomentar

Google+ Follow me yahh ^_^