Jaringan 4G yang kecepatannya 10 KALI LEBIH CEPAT dari 3G


 Jaringan 4G (4G network) adalah generasi keempat jaringan nirkabel untuk komunikasi mobile.

Jaringan ini dimaksudkan sebagai solusi jaringan komunikasi yang komprehensif dan aman dengan kecepatan data yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya.


Standar baru seperti WiMax dan Long Term Evolution (LTE) telah disebut sebagai 4G, meskipun masih terdapat beberapa perdebatan tentang status mereka.

Spesifikasi 4G

Jaringan 4G secara spesifik diarahkan untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi dan kecepatan transfer data yang tinggi pula.

Jaringan ini ditujukan untuk memberikan kualitas penerimaan yang lebih baik, aliran transfer data lebih stabil, serta pertukaran informasi lebih cepat.

International Telecommunication Union (ITU) atau organisasi yang mengawasi standar untuk jaringan nirkabel menyatakan bahwa kemajuan signifikan untuk layanan pesan multimedia, termasuk layanan video, merupakan suatu hal yang harus segera dicapai.

4G mampu memberikan kecepatan transfer data minimal 100 megabit per detik saat pengguna bergerak pada kecepatan tinggi (seperti ketika sedang berada di kereta api), serta sebesar satu gigabit per detik dalam posisi diam.

Kemajuan Menuju 4G

Salah satu implementasi jaringan 4G terdapat pada teknologi WiMax, yang merupakan versi lebih cepat dari transfer data nirkabel melalui jaringan WiFi.

LTE adalah teknologi lain yang berusaha mendapatkan standar 4G meskipun belum cukup memenuhi persyaratan ITU untuk kecepatan data.

Meskipun demikian, WiMax dan LTE telah diberi label sebagai jaringan 4G, meskipun pengakuannya masih memicu sedikit kebingungan dan kontroversi.

Karena kedua metode tersebut menggunakan paket IP dan telah menunjukkan kemajuan dibandingkan standar 3G, ITU akhirnya menyetujui pelabelan mereka sebagai 4G.


 TELKOMSEL dengan 4G :

Pelanggan Telkomsel kini menikmati layanan suara dan data dengan kualitas yang lebih baik melalui peningkatan kapasitas jaringan dan jangkauan berkat Nokia Solutions and Networks. Operator ini mengupgrade jaringan GSM dan 3G HSPA+ di seluruh wilayah Indonesia menggunakan radio dan jaringan inti, serta layanan yang komprehensif. Selain itu, NSN menyediakan layanan refarming untuk 1800 MHz GSM band, membantu Telkomsel menyediakan layanan 4G LTE untuk APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) CEO Summit yang berlangsung di Bali, Indonesia, pada awal Oktober 2013.

Jaringan LTE publik pertama di Indonesia di APEC CEO Summit menyediakan layanan super cepat mobile broadband untuk kurang lebih 5.000 delegasi dan partisipan yang menghadiri acara tersebut. Selama tes LTE yang dilakukan sebelum konferensi, jaringan 4G berhasil menunjukkan kecepatan mengunduh hingga 70 Mbps kepada para analis dan jurnalis. Jar
sumber  : http://swa.co.id/technology/di-balik-keberhasilan-telkomsel-sediakan-layanan-4g-lte

0 comments:

Post a Comment

Komentar jangan Mengandung sara atau kalimat tidak sopan !!
Silahkan Berkomentar

Google+ Follow me yahh ^_^